Tips Memilih Vendor Rekrutmen SDM untuk Perusahaan Anda

Tips Memilih Vendor Rekrutmen SDM untuk Perusahaan Anda

Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini peran SDM menjadi sangat penting dalam menjalankan proses bisnis. Memilih SDM yang kompeten menjadi salah satu kendala, ketika suatu perusahaan tidak memiliki orang yang kompeten untuk melakukan pemilihan dan pengembangan SDM, khususnya pada departemen HRD. Pilihan untuk menggunakan jasa pihak ketiga menjadi pilihan alternatifnya. 

Pada beberapa perusahaan, pihak ketiga vendor biasanya membantu proses seleksi, assessment, dan pengembangan SDM. Namun ada beberapa vendor yang terlibat lebih jauh, hingga bertanggung jawab terhadap pengembangan penjualan perusahaannya, di PT Infomedia Solusi Humanika (ISH), kami juga menggunakan Aplikasi yang dapat membantu klien untuk memonitoring kinerja sales untuk peningkatan penjualannya. 

Dalam bekerjasama dengan vendor banyak cerita yang sering kita dengar, dari masalah hasil seleksi yang kurang tepat, laporan psikologis yang kurang sesuai dengan kualifikasi dan juga adanya asumsi bahwa vendor bagus adalah “mahal” investasinya. Ada harga ada rupa. Padahal, masalahnya kadang bukan hanya soal biaya, namun kecocokan perusahaan dengan vendor ini. 

Mungkin banyak alternatif vendor yang memberikan berbagai produk, metode dan harga. Berikut ini beberapa cara untuk memilih vendor yang tepat : 

1. Komunikasikan kebutuhan perusahaan anda

Pada dasarnya adalah hak dan kewajiban suatu perusahaan untuk memberikan informasi detail pada vendor apa saja kebutuhannya. Selama lebih dari 9 tahun ISH berdiri, kami selalu menyempatkan diri untuk duduk bersama, membahas detail kebutuhan SDM yang diperlukan oleh masing-masing klien kami.

Tahapan seleksi karyawan di ISH terdiri dari Seleksi CV (sesuai kriteria yang diminta oleh klien), setelah itu setiap calon karyawan akan mengikuti seleksi intelegensi untuk mengetahui minat dan kemampuannya dalam menghadapi tekanan dalam pekerjaan, setelah kedua tes tersebeut dilalui maka calon karyawan akan mengikuti tes ketrampilan yang diperlukan di masing-masing posisi, setelah itu akan masuk seleksi interview baik online maupun offline, yang dilakukan oleh pihak HRD Rekruitment ISH. Dan terakhir calon karyawan yang lolos akan mengikuti interview user. Disetiap tahapan diberlakukan system gugur, jika tidak lolos calon pekerja tidak akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. 

2. Sepakati format laporan hasil seleksi

Setelah melakukan serangkaian seleksi, anda dapat menyepakati laporan yang akan dikirimkan oleh vendor. Biasanya, format laporan untuk rekrutmen tidak terlalu kompleks. Kepentingannya adalah memotret pribadi kandidat, tahu gambaran psikologisnya secara umum, kelebihan atau kompetensi yang dimiliki dan juga kelemahan yang perlu dikembangkan lagi. Mulai diskusi dengan konsultan kami untuk kebutuhan laporan Anda. 

3. Kredibilitas Vendor SDM

Portofolio atas layanan jasa dan juga testimoni dari klien yang menggunakan vendor tersebut memang penting. Namun ada baiknya juga, Anda melakukan cek ulang pada rekan sejawat Anda yang mungkin pernah menggunakan jasa serupa. Biasanya, referensi dan pengalaman dari teman sejawat ini lebih dapat dipercaya bagi beberapa pihak.

Memastikan kredibilitas vendor adalah hal yang sangat penting, karena kita sedang menginvestasikan dana perusahaan dalam proses rekrutmen dan penilaian ini. Di sisi lain, ketika terjadi proses yang salah, akibatnya juga biaya dan waktu yang terbuang .

PT Infomedia Solusi Humanika (ISH), lebih dari 9 tahun menjadi kepercayaan lebih dari 100 perusahaan untuk mengelola SDM nya. Cari tahu layanan kami DISINI .

4. Memiliki nilai-nilai professional yang sejalan dengan perusahaan Anda

Dalam memilih atau memutuskan sesuatu, ada pertimbangan personal yang juga menjadi bahan pengambilan keputusan. Vendor yang profesional adalah vendor yang memiliki visi, misi juga nilai-nilai dalam proses layanannya. Baik bagi Anda untuk mengetahuinya dan melihat apakah nilai-nilai tersebut sejalan dengan visi perusahaan Anda.

Anda dapat mencoba berbagai macam vendor untuk dapat memilih kandidat bagi perusahaan Anda. Namun, tentu sangat baik saat Anda telah menemukan vendor yang telah dipercaya banyak perusahaan untuk menangani layanan rekrutmen atau asesmen yang Anda butuhkan.

Apapun yang Anda pilih, pastikan hal tersebut menguntungkan perusahaan Anda ya… Yuk diskusi kebutuhan Anda bersama konsultan kami KLIK DISINI .