Tips Mengelola Sumber Daya Manusia Yang Baik Untuk Perusahaan

Tips Mengelola Sumber Daya Manusia Yang Baik Untuk Perusahaan

Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) memang bukan hal yang mudah. Sebab, di dalam kegiatan meningkatkan kualitas SDM terdapat pembentukan personal. Pembentukan personal tersebut mencakup peningkatan kualitas, baik dalam hal keterampilan, loyalitas, hingga kemampuan individu dalam berusaha. Untuk meningkatkan kualitas  SDM  sendiri, perusahaan harus memiliki program yang solid untuk mengembangkan potensi yang dimiliki SDM agar dapat mencapai target yang diinginkan.

 

    Banyak ahli yang berpendapat bahwa kualitas SDM adalah hal yang paling penting dalam sebuah bisnis. Seperti menurut Dave Bookbinder misalnya, yang merupakan seorang konsultan dan penulis buku di dunia bisnis mengatakan, “Nilai sebuah bisnis dinilai dari keuangan dan kecerdasan yang dikelola oleh sumber daya manusianya”.

 

Ada berbagai strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan di suatu perusahaan :

 

1. Pelatihan atau Training

Untuk meningkatkan kualitas SDM, pekerja atau karyawan di perusahaan perlu dilatih atau diikutkan training. Tujuannya adalah untuk mengembangkan individu dalam hal meningkatkan keterampilan, kemampuan, serta sikap yang dimiliki. Perusahaan akan tidak mudah untuk berkembang ketika karyawannya tidak memiliki minat atau tidak mempunyai keterampilan secara khusus. Melalui pelatihan atau training yang diadakan, perusahaan dapat menggali potensi karyawannya. Setiap perusahaan biasanya akan menerapkan suatu pelatihan atau training khusus, dengan tujuan agar kualitas karyawannya meningkat.

PT. Infomedia Solusi Humanika (ISH) juga menerapkan pelatihan atau training dalam mengelola SDM agar dapat memberikan SDM yang berkualitas kepada client. ISH dapat mencari dan menyalurkan kandidat yang spesifik sesuai dengan kebutuhan perusahaan dengan produknya yaitu Digital HR Solution. ISH memberikan training lintas industri dengan berbagai fix module maupun modul-modul yang disesuaikan dengan kebutuhan dari client.

 

2. Perekrutan Yang Selektif

Merekrut karyawan adalah bagian yang juga penting dalam hal manajemen sumber daya manusia. Merekrut karyawan dengan kualifikasi dan keahlian yang baik sesuai dengan posisi yang tersedia  bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk perusahaan.

Ada banyak hal yang digunakan oleh perusahaan sebagai bagian dari proses rekrutmen mulai dari wawancara yang terstruktur maupun tidak terstruktur, tes kecerdasan, dan tes psikologi.

PT. Infomedia Solusi Humanika juga melakukan perekrutan yang selektif, mulai dari seleksi CV, melakukan test psikotest, interview, dan proses yang terakhir adalah mengisi form lamaran kerja untuk memeriksa kelengkapan dokumen.

 

3. Memberikan Kesempatan

   Memberikan kesempatan mereka menyalurkan ide ternyata juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan cara tersebut diharapkan karyawan memiliki kontribusi bagi perusahaan. Karyawan juga akan merasa lebih dihargai sekaligus membuat mereka menjadi lebih berkembang.

ISH juga memberi kesemptan kepada kandidat-kandidatnya pada proses interview untuk menyalurkan idenya masing-masing. ISH juga melihat kontribusi apa yang akan diberikan oleh kandidat yang terkait kepada perusahaan, untuk melihat kualitas SDM yang akan disalurkan.


4. Pembinaan

   Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia langkah selanjutnya adalah memberi pembinaan. Melakukan pembinaan karyawan di perusahaan dapat dengan mengatur dan membina mereka melalui program penilaian dan perencanaan. Program penilaian dan perencanaan tersebut dapat menjadi salah satu strategi yang tepat, sehingga karyawan yang dihasilkan dari pembinaan akan lebih berkualitas.

ISH juga menerapkan strategi pembinaan karyawan untuk mengembangkan kemampuan, juga agar SDM yang akan disalurkant mengerti tentang perusahaan, aturan yang berlaku, dan mengapa perlu mematuhi SOP perusahaan.


   Dalam mengelola perusahaan agar sukses memang bukan hal yang mudah, PT. Infomedia Solusi Humanika (ISH) mempunyai berbagai strategi untuk meningkatkan kualitas SDM karena SDM merupakan bagian penting pada sebuah perusahaan. ISH telah mampu memberikan solusi layanan pengelolaan SDM terbaik kepada lebih dari 100 perusahaan yang tersebar di 420 kota dan mengelola lebih dari 12.000 karyawan di seluruh Indonesia. 

   PT. Infomedia Solusi Humanika (ISH) telah dipercaya banyak perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia yang disalurkan.