BPO: Solusi Memenangkan Persaingan Bisnis

BPO: Solusi Memenangkan Persaingan Bisnis

BPO singkatan dari Business Process Outsourcing, adalah pengalihan sebagian bisnis proses dari suatu perusahaan kepada pihak ketiga.

Ada 2 (dua) kategori service BPO.

1.      Front Office Outsourcing, meliputi fungsi-fungsi yang bersentuhan dengan pelanggan

-         Customer support

-         Technical support

-         Sales, dsb

2.      Back Office Outsourcing, meliputi internal business function:

-         Finance & accounting

-         Human Resources

-         IT,  dsb

Pada awalnya BPO tumbuh di industri manufaktur, saat ini berkembang di semua sektor termasuk jasa.

Sebagai ilustrasi, sebut saja A, perusahaan telekomunikasi, membutuhkan layanan call center, kemudian perusahaan A bekerjasama dengan B selaku service provider BPO. Maka Perusahaan A telah mengalihkan sebagian proses bisnisnya, yatu penanagan pelanggan di call center kepada perusahaan B.

Kenapa saat ini BPO berkembang pesat dan menjadi alternatif strategi berbagai perusahaan.

3 (tiga) Manfaat utama bekerjasama dengan BPO:

1.      Mendorong perusahaan lebih fokus pada core bussiness

Kegiatan operasional perusahaan itu banyak dan kompleks sehingga membutuhkan fokus tinggi. Perusahaan dapat memilah jenis pekerjaan pendukung maupun yang repetitif untuk diserahkan kepada pihak ketiga, sehingga lebih fokus pada pekerjaan inti.

2.      Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Jika sebagian kegiatan dialihkan, perusahaan menjadi lebih fokus termasuk alokasi anggaran.

Contoh, biaya rekrutmen meliputi penyediaan staf rekrut, iklan, pengadaan alat tes, pelatihan dasar dan sebagainya, alokasi biaya ini dapat dialihkan untuk meningkatkan kemampuan staf inti.

Peningkatan kemampuan staf inti secara signifikan dapat berdampak pada meningkatnya kinerja dan produktivitas.

3.      Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Perusahaan BPO umumnya fokus pada pengembangan keahlian proses bisnis yang ditekuninya. Baik pengembangan teknologi, standard proses maupun metode sourcing. Dengan kualitas sumber daya yang baik akan meningkat pula kualitas pelayanan pelanggan yang berdampak pada kepercayaan dan kepuasannya.

ISH adalah BPO bidang HR Service yang telah beroperasi hampir 10 tahun.

Dengan coverage nasional, berpengalaman menjadi partner berbagai bidang industry untuk berbagai job function. Saat ini  lebih dari 100 client yang berpartner dengan ISH. Seiring dengan era digitalisasi, ISH didukung dengan teknologi HR proses sehingga data lebih akurat dan informasi mengalir lebih cepat .

Apabila membutuhkan penjelasan lengkap seputar BPO HR Service, hubungi ISH, dengan senang hati para Account Manager kami siap membantu. (Eni Kadri, 2022)