Infomedia Solusi Humanika – Human Capital Services

Perbedaan Burnout Syndrome dan Stres Kerja Biasa

Perbedaan Burnout Syndrome dan Stres Kerja Biasa

SobatISH! kamu pasti sering merasa lelah atau tertekan karena pekerjaan dan lingkungan yang toxic. Ternyata hal ini ngga baik lho jika kamu biarkan saja. Kondisi seperti ini menyebabkan stres atau bahkan burnout syndrome yang bisa mengganggu kesehatan kamu. Nah, disini kita akan bahas apa sih yang membedakan burnout syndrome dan stress.

Mengutip dari lama hellosehat.com, burnout syndrome merupakan kondisi dimana seseorang merasa stres berat dengan pekerjaannya. Gejala yang paling dirasakan adalah merasa sangat lelah secara fisik dan emosional. Sehingga kamu selalu merasa sulit menyelesaikan pekerjaan bahkan untuk pekerjaan yang tergolong mudah. Lifestyle serta tipe kepribadian juga bisa memicu burnout syndrome lho SobatISH!

Sedangkan stres adalah respon seseorang terhadap situasi yang dirasakan kurang mengenakan atau nggak menguntungkan. Hal ini sangat umum dirasakan oleh para pekerja. Pada kondisi stress kamu akan merasa harus tetap waspada dan mencari jalan keluar dalam masalah pekerjaan. Namun, disaat kamu rasakan stres yang cukup berkepanjangan, hal ini akan membuat kamu depresi dan berujung burnout.

Bila stres biasa terjadi, SobatISH akan merasa murung, cemas bahkan bisa menyalahkan diri sendiri. Hal ini akan segera hilang dengan berisitirahat. Tapi sangat berbeda disaat merasakan burnout, kamu merasakan depresi mental, nggak sabaran, gampang tersinggung. Kondisi itu akan tetap terasa meskipun kamu sudah beristirahat. Jika stres biasa disebabkan karena merasa tidak puas akan hasil pekerjaan, burnout disebabkan oleh kebosanan terhadap pekerjaan.

Kalo SobatISH saat ini merasakan burnout syndrome, coba deh kamu lakukan beberapa hal seperti ambil cuti untuk beristirahat di rumah melakukan kegiatan yang santai. Mencoba me time ke tempat yang bisa me-refresh diri kamu ataupun traveling ke pantai atau pegunungan. Curhat ke orang yang kamu percaya juga bisa lho! Dengan curhat kamu bisa meluapkan apa yang menjadi bebanmu di hati. Nah, kalo kamu masih merasa lelah dengan pekerjaan, coba utarakan keluh kesah ke atasanmu, tentu saja disampaikan dengan sopan tanpa harus merendahkan siapapun ya SobatISH.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya SobatISH. Yuk, mulai untuk peduli dengan keadaanmu ya. Tungguin ya tips lainnya di www.ish.co.id !